Welcome ......

Selamat Datang Sahabat.
Salam berbagi senantiasa
Blog ini diciptakan sebagai sarana berbagi ilmu dan berisi seputar pemikiran saya serta beberapa quote juga dari beberapa kawan lainnya.
Selamat menikmati ...
Salam

Iwan Ketan
===================================================

Kamis, 30 Desember 2010

Apa tujuan Anda di tahun 2011 ?

====================================================

Suatu ada seorang pemuda mau naik taksi. Ketika sang sopir taksi menanyakan kemanakah tujuan sang pemuda, lantas sang pemuda menjawab : "Terserah anda saja pak."

Mendengar jawaban sang pemuda, sudah pasti Sang Supir taksi kebingungan. Setelah itu ada beberapa kemungkinan yang dilakukan sang Sopir Taxi kemudian,

1. Sang Sopir akan marah dan meminta pemuda itu turun
2. Dia akan menanyakan berapa uang yang dimiliki oleh sang pemuda. Jika katakanlah 100ribu, maka sang supir TAXI akan membawa sang pemuda keliling kota hingga argonya sampai 100ribu atau
3. Dia membawa sang pemuda ke Rumah Sakit Jiwa, karena sang sopir berfikir mungkin pemuda ini memiliki gangguan jiwa

====================================================

Sahabat semua,
Kisah diatas adalah sebuah metafora dalam kehidupan yang mengingatkan tujuan kehidupan kita. Bisa jadi ketika kita hidup tanpa tujuan tak jauh bedanya dengan pemuda yang hendak naik taksi tersebut. Tak punya tujuan malah berakhir dengan yang tidak menyenangkan.

Tujuan dalam kehidupan bisa pula dikiaskan seperti halnya gawang dalam permainan sepak bola. Coba anda bayangkan seandainya permainan sepak bola tidak memiliki gawang (goal/tujuan), tentunya permainan akan terasa hambar dan kurang menarik. Maka demikian pula dalam kehidupan kita. Ketiadaan tujuan juga akan menghambarkan kehidupan yang kita jalani bersama.

Mungkin ada diantara kita yang berkilah tentang ketiadaan tujuan dengan berkata, "ah saya mah mengalir saja bagai air.Membiarkan hidup terus berjalan saja." Padahal ketika kita membiarkan hidup mengalir bagai air, kita tidak akan perta tahu apakah air itu akan mengalir ke jurang ataukah ke muara yang tenang? Sudahkah kita mempersiapkannya?

Ketahuilah sahabat, kebanyakan ikan bergerak di lautan bergerak selalu menantang arus. Karena hanya satu jenis ikan saja yang selalu mengikuti arus air yaitu ikan yang mati.

Oleh karena itu dalam kesempatan ini, izinkan saya untuk berbagi tentang metode membuat Goal di tahun 2011 yang efektif..

Goal = Tujuan = Impian = Harapan

Apa harapan anda di tahun 2011 yang sangat anda inginkan, yang kemudian jadikanlah hal itu sebagai tujuan anda di tahun 2011 ini? Jika belum memilikinya maka carilah impian itu sekarang juga.

Setelah anda memiliki impian tersebut. Maka saya akan mengajak anda untuk memperjelas impian/goal anda tersebut. Sehingga nantinya anda mengetahui apakah Goal anda tersebut pasti bisa anda capai ataukah sebaliknya. Metode yang saya

Mudahnya sebagai contoh ditahun 2011 anda menginginkan memiliki Toyota Rush dengan harga 210 juta rupiah. Maka yang harus anda lakukan adalah :

1. Spesific
Perjelas Impian
Tanyakan kepada diri anda, bagaimana Rush yang anda inginkan? dari bentuknya, modelnya bahkan tingkat kenyamanannya.
Walt Disney berkata bahwa sesuatu diciptakan dua kali, pertama di dalam imajinasi yang kedua dalam kenyataan. Sehingga mulailah impian anda dengan menciptakannya pertama kali dalam imajinasi. Perjelaslah imajinasi tersebut karena semakin jelas imajinasinya semakin kuat pula HASRAT anda untuk mewujudkan impian itu.


2. Measurable
Jika impian anda sudah nyata, dan jelas langkah-langkahnya. Maka tahap selanjutnya adalah ukur dengan kemampuan anda, apakah skill dan resource yang anda miliki mampu untuk mewujudkannya?
Dalam tahapan ini, anda boleh memulai untuk mengumpulkan RESOURCE apa saja yang mendukung impian tersebut. Selain itu biarkan diri anda mengenali potensi-potensi lainnya yang mungkin belum anda sadari sebelumnya

Jika anda adalah seorang karyawan biasa yang ingin memiliki mobil misalnya. Anda memahami bahwa dengan mengandalkan gaji semata itu belumlah cukup untuk memiliki sebuah mobil. Maka yang perlu anda lakukan adalah Potensi apa saja yang anda miliki untuk menggapai impian tersebut. Apakah anda siap untuk meluangkan waktu untuk bekerja part time di tempat lainnya, ataukah anda memiliki sumber Potensi lainnya seperti berdangang, internet marketing, agen asuransi dll

3. Achievable
Setelah anda mengumpulkan SKILL & RESOURCE yang anda miliki. Kemudian anda bisa merenung sejenak, SKILL dan RESOURCE apa saja yang memungkinkan anda menCAPAI impian tersebut?

Selain itu dalam proses ini, biarkan diri anda memikirkan, bagaimana caranya atau langkah-langkah apa saja yang perlu anda lakukan agar impian itu menjadi kenyataan.



4. Realistic
Jika Impian anda sudah Jelas, Terukur dengan Resource yang anda miliki dan anda YAKIN bisa menCAPAInya, maka tahapan selanjutnya adalah berkaca dengan lingkungan sekitar. Apakah impian anda realistis untuk anda laksanakan atau belum.Misalnya anda ingin memiliki kereta api sendiri, maka itu tidak realistis, karena PT.KAI belum mengeluarkan perizinan untuk kepemilikan kereta api pribadi.

Selain itu dalam tahapan ini, anda melakukan Ecological Check antara Impian anda dengan lingkungan sekitar yang berarti apakah lingkungan anda mendukung keputusan anda untuk menggapai impian tersebut. Jika anda telah berkeluarga maka kompromikanlah impian anda dengan keluarga anda. Agar ketika impian anda tercapai, lingkungan anda mendukungnya juga. Apakah ketika anda meniatkan untuk memiliki mobil istri anda setuju dengan pilihan anda. Ketika anda belum memiliki rumah misalnya, ada sebagian kalangan yang menganggap memiliki mobil tidaklah realistis karena bisa jadi bagi pasangan anda memiliki rumah jauh dianggap sebagai kebutuhan yang lebih utama daripada mobil misalnya.

5. Time-able
Jika impian anda sudah memenuhi kaidah Spesific, Measurable, Achievable, Realistic, maka tahapan selanjutnya saatnya anda menghitung secara kasat mata. Apakah masih cukup waktu bagi anda untuk menggapai impian tersebut?
Jika sekarang adalah bulan January 2011, apakah masih memungkinkan dalam waktu 12 bulan impian itu pasti tercapai?

Dengan Metode SMART ini Impian anda akan menjadi lebih jelas dan bukan sekedar impian kosong belaka.

Namun mungkin anda masih belum puas dengan tulisan saya kali ini, karena belum menjelaskan langkah demi langkah tahapan dari SMART itu sendiri. Untuk langkah dari tahapan dari SMART itu sendiri, sahabat bisa melihat di link berikut

Salam berbagi senantiasa


Iwan Ketan
Life Learner&Trainer
YM:listant2000
FB:Iwan Ketan
http://www.smiletrainer.co.cc | 021- 4029 49 12






0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com
Modified by : Iwan Ketan |Smiletrainer.blogspot.com