Welcome ......

Selamat Datang Sahabat.
Salam berbagi senantiasa
Blog ini diciptakan sebagai sarana berbagi ilmu dan berisi seputar pemikiran saya serta beberapa quote juga dari beberapa kawan lainnya.
Selamat menikmati ...
Salam

Iwan Ketan
===================================================

Kamis, 30 Desember 2010

Attract Dream 2011 with SMART Technique


Jika dalam tulisan sebelumnya saya menjelaskan SMART Method, maka dalam tulisan kali ini saya akan lebih banyak membahas bagaimana langkah-langkah dalam pembuatan SMART Method.



1. Tulislah Impian Anda ditahun 2011 nanti, dalam latihan awal ini sebaiknya cukup 1 dahulu impian yang anda tuliskan.

2. Lakukan Prosedur Spesific, Measurable, Achievable,Realistic dan Time-able seperti dalam tulisan SMART Method sebelumnya lalu Tuliskan hasil Prosedur itu kembali :

  • Spesific Bentuk dari Impian,Suaranya,Warnanya : (jika perlu, gambar ulang kembali impian anda tersebut)
  • Measureable Potensi apa saja yang mendukung anda untuk mencapai impian tersebut.
  • Achievable Seleksi kembali Potensi diri anda tersebut, Potensi mana saja yang mendukung impian anda, dan Potensi manakah yang tidak mendukung
  • Realistic Cek kembali secara ekologis lingkungan, agar anda lebih realistis lagi. Apakah menjadi masalah jika impian anda dapatkan
  • Time-Able Sekarang lihatlah waktu anda. Anda hanya memiliki waktu 12 bulan untuk melakukannya. Apakah diri anda siap?
3. Jika Anda sudah selesai, kini saatnya anda mulai melangkah membuat Time Table.

Buatlah Time Table dari Bulan January hingga Desember. Kemudian tentukan impian anda terwujud di bulan Desember.

Dengan membuat Time-Table, anda akan mengukur kembali apakah impian anda bisa dicapai sudah sesuai kaidah SMART?
Di dalam Time Table ini anda secara tidak langsung akan mengukur (M) kembali Potensi diri anda secara spesifik (S), sehingga nantinya anda sendiri yang akan memutuskan apakah dalam waktu yang ditentukan (T) impian anda ini achievable (A) dan realistis (R) ataukah tidak?

Lebih dari itu secara tidak langsung membuat Time table juga berarti telah membawa diri anda untuk membuat planning secara sederhana. Karena dalam tahap pembuatan time table, dengan sendirinya anda akan menemukan , langkah demi langkah yang akan menunjang impian anda menjadi kenyataan.

Secara Sederhana Time Table menjadi dua:
- Finansial Time Table Sekarang isilah Time Table, ukurlah secara finansial impian anda. Silahkan anda mencontek kembali lembaran SMART anda, Berapa dana yang anda butuhkan agar impian itu terwujud?

Isilah kolom pendapatan keuangan dari bulan January hingga Desember agar anda memahami, apakah impian anda Achievable, ataukah tidak?Jika belum, maka tugas anda adalah mencari bagaimana caranya agar impian anda bisa terlaksana di bulan Desember.

Misalnya saja di akhir tahun 2011 anda ingin memiliki mobil dengan harga 200 juta. Dan ternyata penghasilan cuma 3 juta sebulannya. Jika anda memang berniat untuk mendapatkan impian anda tersebut, maka caranya anda harus melipatgandakan penghasilan anda dengan mencari penghasilan tambahan.

Walaupun Anda mungkin bisa juga dengan berharap kepada undian, atau pemberian orang lain untuk mendapatkannya, tapi saya tidak menyarankan anda untuk meng-attract diri anda seperti itu. Karena ketika anda belum memantaskan diri secara penghasilan untuk mendapatkan apa yang mereka impikan, yang terjadi biasanya malah permasalahan. Betapa banyak seseorang yang mendapatkan hadiah mobil malah stress akhirnya malah menjualnya kembali karena tidak kuat membayar pajak untuk mobilnya.

Oleh karena itu, ketika anda ingin memiliki impian anda secara SMART, maka pantaskanlah diri anda untuk mendapatkannya. Jika pendapatan anda belum cukup, maka carilah cara agar kekayaan anda mengalami duplikasi melalui penghasilan tambahan

Inilah yang dari sisi Measurement, anda mengukur diri dengan potensi yang anda miliki. Potensi apa sajakah yang menunjang diri anda untuk mendapatkan impian anda tersebut. Lantas aktifitas apa saja yang akan anda lakukan agar impian anda menjadi kenyataan.

- RENCANA PENUNJANG FINANSIAL
Dengan time-table inilah, Planning Plan diri anda menuju impian menjadi lebih clearly. Sehingga dengan SMART, technique, impian lebih dari sekedar impian, karena Impian telah bergerak menjadi Planning yang terstruktur dengan rapih dan lengkap dengan langkah demi langkah apa saja yang akan anda lakukan selama 1 tahun ke depan


- Need Time Table Setelah anda mengukur dari sisi keuangan, maka langkah selanjutnya adalah mencari kebutuhan penunjang apa saja yang perlu anda siapkan menuju impian tersebut. Dengan demikian anda akan mengetahui step-step apa saja yang perlu anda lakukan untuk mencapai impian anda. Ketika anda memutuskan untuk membeli mobil misalnya, maka mungkin anda perlu menyiapkan beberapa hal seperti : - Pertama kali adalah bagaimana cara mengemudikan mobil. Ketika anda belum pernah mengemudikan mobil, maka adalah hal yang lucu jika anda sendiri ternyata belum bisa mengemudikan mobil. Berikanlah waktu sebulan atau dua bulan, untuk belajar membawa mobil.
  • Setelah itu sediakan waktu anda dengan serius untuk mengetahui mobil apa yang ingin anda miliki. Anda bisa memulai mengetahui lebih lanjut mobil tersebut baik dari dealer mobil terdekat. Pelajarilah mesinnya agar anda semakin yakin tentang mobil tersebut.
  • Jika anda telah memutuskan mobil apa yang anda miliki, maka anda bisa menyiapkan diri untuk test drive, dengan langsung ke Dealer atau anda bisa juga dengan menyewa mobil dari "Rent Car" terdekat.
  • Jika anda sudah semakin mantap, tentukan kapan anda akan memberikan DP untuk mobil yang ingin anda beli.
  • Dan terakhir silakan anda tentukan kapan anda akan melunasi mobil agar itu menjadi sah milik anda.

UJI KESERIUSAN ANDA
Dalam membuat planning ini ada yang perlu anda perhatikan, bahwa anda membuat planning dengan kesadaran dan keseriusan yang penuh. Karena Time Table Financial dengan Time Table Kebutuhan akan saling menunjang. Dan itu akan berjalan efektif, tatkala memang anda benar-benar menginginkannya.

Biasanya dalam training yang kami selenggarakan, kami melakukan test kembali dengan hypnosis method maupun NLP Technique, apakah seseorang benar-benar menginginkan goal tersebut atau tidak. Hal ini dilakukan untuk memastikan keseriusan seseorang dalam menggapai impiannya, apakah mereka benar-benar serius dan berhasrat, ataukah goal tersebut hanyalah impian kosong belaka,

Mudahnya begini, setelah anda membuat plan tersebut, apakah yang muncul dari dalam diri anda? Keoptimisan, Kepesimisan ataukah biasa-biasa saja? Jika ada rasa optimis maupun pesimis di dalam diri anda, maka itu bagus, artinya ada nuansa emosi didalam impian anda tersebut. Tinggal bagaimana anda memfokuskan kepada Potensi yang anda miliki.



Jadi tak perlu ada kata ragu lagi, bukan, untuk melangkah di tahun 2011 kan? Karena kita telah memiliki Sumber Daya, Potensi, Kemampuan yang siap melenjitkan diri kita untuk SUKSES menggapai Impian.

Semoga tulisan ini memberikan banyak manfaat, dan Tetap Semangat .... !!!

Salam berbagi senantiasa



Iwan Ketan
Life Learner&Trainer
YM:listant2000
FB:Iwan Ketan
http://www.smiletrainer.co.cc
| 021- 4029 49 12

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com
Modified by : Iwan Ketan |Smiletrainer.blogspot.com